Tautan Berita Detik.Net

Dommy asyar Headline Animator

Jumat, 02 November 2012

Manfaat Beras Hitam



Memfaat Beras Hitam
Beras hitam memiliki manfaat sebagai berikut:
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah gangguan ginjal
  • Membuat awet muda.
Dulu beras hitam hanya boleh disantap kalangan bangsawan kerajaan di Cina. Konon, kalangan istana ingin mendapatkan manfaat baik dari beras hitam itu. Karena mereka tahu, beras ini jauh lebih banyak vitamin daripada beras lainnya.
Selain warna hitam ini menunjukkan kandungan zat warna kulit atau pigmen tinggi. Dalam pigmen ini terkandung zat aleuron dan endospermia. Nah, kedua zat ini bisa menghasilkan zat anti karsinogenik. Itu adalah zat yang bisa meningkatkan kadar trombosit dan memiliki antioksidan yang tinggi. Nah, antioksidan ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker.

Manfaat Beras Hitam

Beras hitam, diketahui dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beras hitam hanya dapat dijumpai di Asia. Dimana tidak mengalami proses penggilingan berkali-kali. Seperti yang dilakukan pada beras putih.
Sebuah penelitian di China menjelaskan, beras hitam memiliki kadar vitamin, mikro elemen, dan asam amino yang lebih tinggi dari semua beras yang biasanya kita jumpai.

Beras ini dipercaya memiliki beragam manfaat. Diantaranya meningkatkan ketahanan tubuh, memperbaiki kerusakan sel hati dalam kasus penyakit hepatitis dan sirosis (Pengerasan Hati), mencegah fungsi ginjal, mencegah kanker dan tumor, dan anti oging alami.
Selain itu, juga sebagai anti oksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, mencegah anemia dan mencegah demam berdarah yang dapat mengakibatkan turunnya trombosit dalam darah.(Khulwa)

Merasa sedikit asing? Apakah sama dengan ketan hitam?

Beras hitam adalah legenda. Beras hitam dahulu hanya boleh dimakan oleh kalangan tertentu. Sultan, bangsawan, ningrat, tetua adat. Bahkan di beberapa daerah hanya boleh dimakan pada ritual-ritual tertentu saja. Dan tentunya, hanya orang-orang tertentu yang boleh menanamnya.
Sebagai contoh, Sultan Jogja masih mengonsumsi nasi hitam sebagai menu utama sehari-hari, hingga saat ini. Begitu pula Sultan Cirebon. Suku Baduy dan Toraja memiliki adat dan ketentuan yang ketat terkait dengan penanaman dan penggunaan beras hitam. Demikian pula suku Sasak. Di Indramayu petani sepuh masih tidak berani menanamnya karena pamali. Dan jelas, berbeda dengan ketan hitam yang bertekstur lengket, serta umum ditanam oleh petani manapun.

Apa bedanya dengan beras biasanya?

Memang warnanya hitam keunguan. Tapi bukan itu intinya. Khasiat yang terkandung di balik pigmen warna hitam yang pekat itulah yang membuat tanaman ini begitu istimewa. Antioksidan, flavonoid, asam amino, dan berbagai macam kandungannya sangat baik bagi kesehatan. Bukan obat, namun suplemen yang dapat begitu kuatnya membantu tubuh Anda memelihara kesehatannya.
Bagaimana rasanya ?
Kebanyakan suplemen atau herbal memiliki rasa yang kurang enak dan kadang pahit. Beras hitam justru sangat wangi. Dan lebih pulen dibandingkan beras biasa. Kaisar Cina tidak salah memilihnya sebagai beras upeti untuk kaisar. Demikian pula kaum bangsawan di negeri kita. Selain khasiat, rasanya juga superior.

Merasa pola makan atau pola hidup Anda kurang sehat?
Hati-hati! Tidak sakit bukan berarti sehat. Karena kebanyakan penyakit gaya hidup bersifat laten. Diam-diam membangun kekuatan. Tanda hanya muncul ketika segalanya sudah terlambat. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Selain lebih mudah, juga lebih murah. Herbal adalah salah satu pencegahan yang cukup mudah, dan relatif aman selama tidak berlebihan. Meskipun begitu, kadang herbal cukup merepotkan untuk menyiapkannya. Harus direbus lah, atau diminum pada waktu yang ketat. Dan tambahan lagi, seringkali harganya kurang masuk akal….
Herbal yang ideal?
Hidup sehat dengan makanan yang sehat sepertinya semakin berat di zaman yang serba cepat dan instan ini. Padahal hidup sehat yang selaras dengan alam adalah gairah kami. Maka kami berjuang untuk membuat produk sehat, ramah lingkungan, namun mudah dikonsumsi dan disukai masyarakat. Dan tentunya, harga yang terjangkau!

Wedang Beras Hitam?

“Semua serba terburu-buru”.”Saya harus sampai di kantor pukul 07.30, dan anak-anak bahkan pukul 07.00. Tapi saya tidak khawatir dengan sarapan.” ujar Iffah, ibu muda dengan 2 anak. “Terimakasih wedang beras hitam. Maag dan typhus yang jadi teman akrab saya dulu, kini menjauh.”
Beras hitam dapat juga dimakan bersama lauk-pauk. Seperti nasi biasa. Namun sebelum menanak harus direndam selama 2 jam, karena lebih keras dan agak lengket. Aroma nasi hitam yang tajam dan kuat mungkin kurang cocok bagi sebagian orang yang belum terbiasa.
Tapi kini Anda tidak perlu lagi repot menanak beras hitam!
Mudah! Tinggal seduh dengan secangkir air panas. Dua kali sehari, akan membantu tubuh Anda mencapai kesehatan maksimal. Dan anak-anak pun menyukai rasanya yang creamy.

Apa khasiatnya?

Beras hitam sangat ahli dalam mengerjakan tugas seperti:
- Membersihkan racun dan toksin dari dalam tubuh (detoksifikasi)
- Membantu memelihara ketahanan tubuh (imunitas)
- Membantu memelihara keseimbangan sistem organ dan hormone


Tubuh kita memiliki kemampuan yang dahsyat untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit. Asalkan diberikan kondisi yang sesuai. Beras hitam bukan obat yang menyerang sumber penyakit (kecuali membersihkannya), namun membantu tubuh mendapatkan kondisi ideal untuk sehat.
Berbagai penyakit seperti leukemia, diabetes, kegemukan, kanker, kolesterol, maag, asma, ginjal, hepatitis, anemia, masalah pencernaan, alergi makanan, masalah kewanitaan, mengurangi peradangan, dan memperbaiki kerusakan sel hati adalah diantara khasiat yang pernah dirasakan oleh konsumen kami.
Wedang Beras Hitam diolah dengan teknik khusus dari Jepang. Tidak hanya mempertahankan khasiatnya, justru semakin melipatgandakan kemampuan sang legenda dalam memerangi penyakit. Mesin khusus sengaja kami datangkan dari Jerman untuk memastikan kualitas beras hitam terbaik sampai di tangan Anda. Dan kami tidak perlu menambahkan apapun, selain gula aren organik yang aman bagi penderita diabetes! 

Komo Fidibus XL
Wolfgang Mock adalah insinyur berkebangsaan Jerman yang sangat tertarik dengan pengolahan biji-bijian. Dia menghabiskan hampir separuh hidupnya untuk membuat mesin giling terbaik. Mesin yang dapat mempertahankan kandungan gizi dalam biji-bijian. Dibantu temannya yang berkebangsaan Austria, Peter Koidl, dia mematenkan mesin giling khusus biji-bijian, dan memulai bisnis mereka dengan merek Komo. Mesin-mesin mereka menjadi tren di Eropa, dan bahkan baru mulai dipasarkan di Amerika utara akhir tahun 2010.
Kami tidak akan rela khasiat beras hitam hilang selama pengolahan. Kami datangkan mesin terbaik yang dibuat oleh ahlinya. Hanya untuk memastikan khasiat yang terbaik dapat Anda nikmati! 
Memang di Indonesia susah sekali mendapati orang yang memupuk pohon aren. Hampir seluruh gula aren adalah organik. Namun kadang kala penyemprotan pestisida dilakukan untuk mencegah hama. Dan ini dapat sangat berbahaya jika residunya terdapat dalam gula. Kami hanya menggunakan gula aren organik yang telah mendapat sertifikat organik dari lembaga organik Swiss, yakni Gula semut produksi Diva Food, Tangerang

Beras Hitam Pilihan
Beras hitam kami ditanam di daerah pegunungan  di Kepanjen, Malang. Tergolong varietas Rantepao, beras hitam kami berkerabat dekat dengan beras hitam yang digunakan untuk ritual adat suku Toraja. Padi hitam memiliki tinggi 2 meter dan berumur 6 bulan. Padi ini tidak dapat dipupuk secara kimiawi, karena pertumbuhannya akan menjadi abnormal. Dan sangat tahan hama. Karenanya pestisida tidak diperlukan. Sudah berkali-kali dikunjungi oleh lembaga sertifikasi organik.Meski belum diproses untuk pembuatan sertifikasinya, karena terkendala biaya. Kami sudah mengamati beras hitam dari berbagai daerah seperti beras gadog subang, beras jowo melik, beras cempo ireng, dan beras hitam lainnya. Kesimpulan sementara kami, varietas rantepao inilah yang paling cepat terasa khasiatnya

Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah dan beras putih. Pangan yang belum sepopuler beras putih ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/ tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.

Beras hitam dan beras merah belum menjadi bahan pangan pokok seperti halnya beras putih, meskipun kedua beras berwarna ini mempunyai nilai gizi tinggi.

Produk makanan dan minuman dari kacang hitam, wijen hitam, dan beras hitam menjadi populer. Di Korea, beras hitam menjadi bagian penting dalam pemeliharaan kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen paling baik, berbeda dengan beras putih atau beras warna lain. Beras hitam memiliki rasa dan aroma yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik. Bila dimasak, nasi beras hitam warnanya menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang menggugah selera makan. Di Bogor ada rumah makan yang menyediakan nasi timbel dari beras hitam.

Warna beras diatur secara genetik, dan dapat berbeda akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, endospermia, dan komposisi pati pada endospermia. Beras putih agak transparan hanya memiliki sedikit aleuron dan mengandung amilosa sekitar 20%.

Pada beras merah, aleuron mengandung gen yang memproduksi antosianin sebagai sumber warna merah atau ungu. Pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Ketan hitam merupakan versi ketan dari beras hitam. Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah atau beras warna lain.

Dari hepatitis, kanker sampai penyakit jantung

Beras hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.

Beras merah berkhasiat mencegah sembelit, cocok untuk diet, mencegah penyakit saluran pencernaan, meningkatkan perkembangan otak, menurunkan kolesterol darah, mencegah kanker dan penyakit degeneratif, menyehatkan jantung, dan mengandung vitamin B1 dan mineral lebih tinggi dibanding beras putih.

Kandungan zat besi tinggi

Beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm.

Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Pengkayaan zat besi pada beras untuk mengatasi anemia yang dewasa ini digalakkan tampaknya perlu mulai berpaling pada beras hitam atau beras merah.

Deskripsi sifat-sifat tanaman padi beras hitam belum tercatat secara rinci. Kelompok Tani Sarana Makmur Seyegan di Sleman melaporkan padi hitam varietas Compo Ireng mampu berproduksi 4,5 t/ha dengan umur panen 5 bulan.

Dalam upaya mengatasi kekurangan pangan dan gizi buruk yang dewasa ini makin meningkat, terutama di daerah berpengairan tadah hujan atau beriklim kering, penelitian varietas padi kaya nutrisi seperti padi beras hitam dan beras merah perlu digalakkan.

Penelitian sejak tahun 2003 menunjukkan, dari persilangan BP140F/Silugonggo// Oryza glaberrima///Silugonggo yang warna berasnya merah, salah satu galurnya menghasilkan butir beras berwarna ungu kehitaman walaupun jumlahnya sedikit (±10%). Meskipun demikian, temuan ini perlu ditindaklanjuti dalam upaya mendapatkan padi beras hitam yang mantap, sebagai varietas atau tetua padi beras hitam berumur genjah. Galur hasil persilangan ini berumur genjah (90-100 hari), tinggi tanaman 90-100 cm dengan penampilan mirip tetuanya Silugonggo. Galur ini diharapkan dapat beradaptasi baik pada lahan kering beriklim kering seperti halnya tetuanya.

Si Hitam Yang Banyak Manfaat

Bila selama ini kita mengetahui beras merah merupakan salah satu pilihan karbo sehat, tapi tahukah Anda bila beras hitam tak kalah hebat manfaatnya.
Beras hitam – kadang disebut sebagai beras wulung, beras jlitheng atau beras gadog, mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang kesehatan Anda. Coba simak;
  • Beras hitam mengandung kadar antioksidan yaitu anthocyanin yang larut dalam air. Kandungan tersebut berfungsi melindungi sel-sel tubuh dengan mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.
  • Anthocyanin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Zat ini membantu pembentukan kolagen baru dan meningkatkan efek vitamin C dan E.
  • Beras hitam mengandung kadar karbohidrat yang lebih rendah dari beras biasa dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi.
  • Beras hitam bersifat antikarsinogenik, yang memberi perlindungan kepada sistem kardiovaskular dan menjaga kadar gula dalam darah.
Di Indonesia, beras hitam yang terkenal adalah beras hitam yang berasal dari Kabupaten Manggarai Barat. Si beras hitam yang dikenal dengan nama Wojalaka ini merupakan salah satu beras hitam kaya manfaat.
Wojalaka baik untuk penderita diabetes, darah tinggi dan asam urat. Bahkan anak-anak yang mengalami sakit perut, bila diberi beras Wojalaka rasa sakitnya dapat berkurang...





 

2 komentar:

  1. Hi...
    thanks for you're information

    BalasHapus
  2. Baca juga tentang beras https://agrarisindonesia.wordpress.com/2015/09/10/padi/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...