Tautan Berita Detik.Net

Dommy asyar Headline Animator

Jumat, 02 November 2012

Manfaat Kacang Tanah Bagi Jantung



MANFAAT KACANG TANAH BAGI JANTUNG

Manfaat Kacang Tanah Untuk Penyakit Kanker dan Jantung Beta-sitosterol (SIT), sejenis phytosterol, telah terbukti dapat menahan Pertumbuhan sel-sel kanker sekaligus melindungi seseorang dari penyakit jantung. SIT mungkin memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar, prostat dan payudara. Hasil penelitian yang menggembirakan ini dapat ditemukan dalam Nutrition and Cancer (Vol.38, No.2).
Phytosterol adalah senyawa alami yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis tumbuhan. Bentuk phytosterol yang paling umum adalah beta-sitosterol, kampesterol, dan stigmasterol, dan ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada beberapa jenis minyak tumbuhan, baik biji-bijian maupun polong-polongan, seperti kacang tanah. Sama dengan berbagai komponentumbuhan lainnya, phytosterol melindungi seseorang dari penyakit kanker dengan beberapa
cara, termasuk mencegah penyebaran dan merangsang matinya sel-sel tumor,sertamengubah beberapa hormon yang penting untuk pertumbuhan sel-sel tumor. Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam Anticancer Research, dua kelompok tikus kecil yang ditumbuhi dengan sel-sel kanker payudara manusia diberi diet phytosterol dan kolesterol. Ukuran tumor pada tikus-tikus yang mengkonsumsi phytosterol ditemukan 33 % lebih kecil dan 20 % lebih sedikit menyebar ke kelenjar getah bening dan paru-paru daripada kelompok yangmengkonsumsi kolesterol.  
Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa phytosterol yang dapat dengan mudah ditambahkan dalam diet kita, menawarkan suatu cara yang cukup mudah dan praktis untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker payudara. Secara tradisional, para peneliti sudah lama melirik manfaat sterol pada tanaman dalam mencegah penyakit jantung. Ada setumpuk bukti yang memperlihatkan bahwa konsumsi produk-produk yang mengandung sterol, seperti SIT, dapat menurunkan kolesterol darah dengan menghalangi penyerapan kolesterol di usus.
Sebuah studi baru-baru ini dari Penn State University, menunjukkan bahwa diet yang menyediakan 2-3 porsi kacang tanah atau selai kacang tanah perhari, yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fats,MUFA), dapat mengurangi kolesterol darah sebesar 11 - 14%. Diet kacang tanah juga terlihat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler hingga 21 % dibanding diet rata-rata orang Amerika, padahal sebuah diet rendah lemak hanya mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler sebesar 12 %. Para peneliti dari State University of New York, Buffalo, memeriksa kandungan SIT pada beberapa produk kacang tanah. Mereka menemukan bahwasnack kacang tanah mengandung 160 mg SIT/100 gm dan selai kacang tanah biasamengandung 157 mg SIT/ 100 gm. Tepung kacang dan minyak kacang tanahmasing-masing mengandung sekitar 56 mg SIT/100 gm dan 198 mg SIT/100 gm. Kacang tanah juga mengandung bahan kimia resveratrol, yang telah dikaitkan dengan pengurangan penyakit dan risiko menderita kanker. Resveratrol pertama kali ditemukan dalam minuman anggur merah. Selain itu kacang tanah dan selai kacang tanah juga mengandung vitamin E, asam folat, kalium, magnesium, seng,dan serat, yang semuanya diketahui membawa manfaat untuk kesehatan.


Kacang tanah, Manfaat dan Dampaknya


Kacang Tanah (Arachis hypogea L) merupakan sejenis spesies kacang-kacangan dari famili Fabaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Kacang tanah merupakan sejenis tanaman tropika. Ia tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dan mengeluarkan daun-daun kecil.
Kacangnya pula tumbuh didalam tanah. Kacang tanah biasanya dimakan langsung tanpa diolah dan juga disajikan dalam berbagai cara seperti direbus, digoreng, dibakar, dihancurkan dan berbagai lagi tergantung selera seseorang itu mengolah makanan ini.
Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.
Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat.
Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 0ns kacang  tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.
Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.
Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah dapat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan juga kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan dan insomnia.
Namun Kacang tanah sangat dicegah pada mereka yang menghadapi penyakit jenis kanker payudara dan yang mempunyai masalah jerawat atau acne juga dinasihatkan berhenti mengkonsumsi kacang tanah.
Kaitan dengan kadar kolesterol yang berbahaya:
Table Level Total Kolesterol darah anda:
Ideal: <200 mg/dL
Batas sebelum risiko: 200-239 mg/dL
Berisiko tinggi: >240 mg/dL
Level Kolesterol LDL anda
Ideal: <130 mg/dL
Batas: 130-159 mg/dL
Berisiko tinggi: >160 mg/dL
Level Kolesterol HDL anda
Pria umumnya dari 40 hingga 50 mg/dL
Wanita umumnya dari 50 hingga 60 mg/dL
Level Kolesterol Trigliserida anda:
Normal
: <150 mg/dL
Batas Tinggi: 159-199 mg/dL
Tinggi: 200-499 mg/dL
Sangat Tinggi: >500 mg/dL
Catatan:
- Kolesterol diukur dalam miligram per deciliter darah (mg/dL)
- Total kolesterol = level LDL + level HDL
- Trigliserida adalah jumlah lemak yang bersikulasi dalam darah

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 6.000 perempuan menemukan bahwa mereka yang makan kacang-kacangan atau selai kacang dalam jumlah banyak memotong resiko mereka akan penyakit jantung hampir setengahnya.
Para perempuan tersebut diminta untuk melengkapi kuisioner makanan setiap dua sampai empat tahun antara tahun 1980 dan 2002.
Jumlah perempuan yang menderita dari kondisi seperti serangan jantung atau stroke, atau membutuhkan perawatan revaskulerisasi untuk penyakit jantung, juga dicatat.
Secara keseluruhan, terdapat 452 "peristiwa" yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti serangan jantung atau revaskulerisasi - pembedahan untuk meningkatkan sirkulasi darah - dan 182 kasus stroke.
Para perempuan yang mengkonsumsi lebih banyak kacang-kacangan dan selai kacang di awal penelitian lebih kurus, lebih aktif secara fisik, dan cenderung lebih jarang merokok, kata para peneliti.
Setelah menyesuaikan faktor-faktor tersebut yang dapat mempengaruhi hasil, para ahli menemukan bahwa perempuan yang memakan paling tidak lima porsi kacang-kacangan atau selai kacang setiap minggu memiliki 44% resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan mengalami peristiwa seperti serangan jantung atau stroke.
Porsi tersebut ditetapkan sebesar 28g kacang-kacangan atau 16g (satu sendok makan) selai kacang.
Para peneliti, dari Havard Medical School dan Harvard School of Public Health di Boston, mengatakan: "Data ini memberi kesan bahwa konsumsi kacang-kacangan dan selai kacang secara sering dihubungkan dengan resiko CVD yang lebih rendah secara signifikan pada perempuan yang memiliki diabetes tipe 2."
Ellen Mason, perawat penderita penyakit jantung di British Heart Foundation, mengatakan: "Akan bermanfaat bila memasukkan kacang dalam diet kita karena kacang memiliki lemak jenuh yang rendah yang bisa meningkatkan kolesterol kita.
"Akan tetapi, produk kacang tanah bisa penuh dengan tambahan gula atau garam jadi periksalah labelnya dulu karena itu akan membatalkan manfaat positif kacang. Jangan lupa juga bahwa kacang tinggi kalori.
"Memakan lebih dari satu makanan dalam pemisahan tidak akan membuat banyak perbedaan pada kesehatan anda jika anda tidak aktif dan tidak memiliki diet yang seimbang.
"Sayangnya, mencegah penyakit jantung lebih rumit dari sekedar memakan kacang."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...