Tautan Berita Detik.Net

Dommy asyar Headline Animator

Jumat, 02 November 2012

Manfaat Dari Mangga

Buah Mangga
Mangga merupakan kelompok buah batu berdaging dengan bentuk, warna, ukuran dan rasa (aroma rasa yang beraneka). Nama mangga berasal dari Malayam maanga. kata ini dibawa ke Eropa oleh orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris). pohon mangga ini berasal dari India.

Mangga mengandung zat antioksidan kandungan beta-karoten dan vitamin C (beserta kalium, aktivitas vitamin A, karbohidrat, energi dan air) dari beberapa macam mangga tiap 100 gram. senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh lingkungan lainnya.

Manfaat Buah Mangga:

selain rasa dan aromanya yang khas. mangga juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang begitu banyak. bahkan dapat memberikan peran yang penting, khususnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. dibawah ini beberapa manfaat buah mangga:
  • Membantu pembentukan vitamin C pada tubuh manusia. Sebab, vitamin ini tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga memerlukan bantuan dari asupan makanan. Salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C adalah mangga.
  • Bagi ibu hamil, mangga sangat cocok untuk membantu meningkatkan zat besi dan mengatasi anemia.
  • Di bidang kesehatan, mangga bisa dimanfaatkan sebagai masker muka untuk membersihkan wajah dan membuka pori-pori yang tertutup.
  • Mangga merupakan salah satu buah yang paling baik dalam menjaga kualitas pencernaan manusia sehingga membantu kelancaran buang air. Hal ini karena mangga mengandung enzim yang bisa membantu mencerna protein.
  • Kalium yang terdapat dalam buah mangga sangat baik untuk mengurangi tekanan darah. Dan serat yang ada pada daging buah mangga sangat baik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.
  • Mangga juga disebutkan memiliki fungsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal.
  • Asam glutamin yakni protein penting untuk konsentrasi dan memori, banyak terdapat dalam buah mangga. Ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi berpikir.


Khasiat Buah Mangga

1. Pengobatan radang kulit

Gunakan kulit buah mangga. Caranya, 150 gram kulit buah mangga dimasak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi hangat, air rebusan ini dipakai untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi eksim.

2. Pengobatan Penyakit influenza

Caranya, 200 gram daging buah mangga ditambah 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Bahan-bahan ini direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.

3. Pengobatan untuk mabuk perjalanan
Caranya, mangga yang sebelumnya dikeringkan lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, tambahkan madu secukupnya dan 10 cc air jeruk nipis lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya ramuan ini diminum selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...