Tautan Berita Detik.Net

Dommy asyar Headline Animator

Sabtu, 03 November 2012

Manfaat Dari Daun Bayam

Kasiat Daun Bayam



Sepertinya manfaat sayur bayam sudah bukan menjadi rahasia lagi. Sayur ini juga populer di kalangan masyarakat, selain mudah didapat, sayur bayam juga memiliki rasa yang enak. Walau jenis bayam bermacam-macam, semua bayam memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Bayam

Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang terkenal memiliki kandungan zat besi (Zn) yang sangat tinggi. Selain zat besi, bayam memiliki kandungan mineral lain, contohnya kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan mangan.
Sayur bayam juga memiliki kandungan vitamin yang sangat bagus, misalnya vitamin A, B2, B6, C, E, dan juga vitamin K yang memang banyak terdapat pada sayuran hijau.

Selain mineral dan vitamin, bayam kaya akan karbohidrat, protein, lemak, serat pangan (fiber), dan beberapa komponen kimia yang sangat menguntungkan bagi konsumennya.

Manfaat Sayur Bayam

* Kandungan vitamin A-nya pada bayam sangat bagus untuk kesehatan mata Anda. Jika Anda ingin penglihatan tidak mudah rabun, sayur bayam adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi.
* Vitamin B-nya sangat berperan dalam perkembangan otak dan membantu metabolisme tubuh. Sedangkan vitamin C-nya yang cukup tinggi, mampu menjaga kekebalan/daya tahan tubuh serta memperbaiki sel-sel jaringan yang rusak.
* Vitamin K adalah vitamin yang paling terkenal pada sayur bayam ini. Berperan penting dalam proses pembekuan darah bila terjadi luka.
* Mengkonsumsi sayur bayam juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit stroke.manfaat sayur bayam yang satu ini juga tak lepas dari peran vitamin K. Vitamin K mampu menjaga pembuluh-pembuluh darah tubuh agar tidak mengeras karena adanya penumpukan kalsium.
* Anda ingin tampak awet muda? Sayur bayam bisa menjadi makanan pilihan yang tepat bagi Anda. Kandungan vitamin K dan E-nya mampu menjaga kualitas sel-sel tubuh dan memperbarui yang rusak, sehingga gejala penuaan dini bisa terhambat dengan baik.
* Manfaat sayur bayam yang lain terletak pada kandungan zat besinya. Zat besi ini sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang anemia atau kurang darah.

Bayam juga bisa menjadi makanan paling tepat bagi wanita yang sedang menstruasi, karena pada saat ini wanita akan banyak mengeluarkan darah. Bagus juga bagi ibu-ibu yang baru melahirkan.
* Sayur bayam memiliki zat anti kanker dan anti oksidan, contohnya adalah flavonoid. Komponen kimia ini sangat berguna dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dimana radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan sel sehingga timbul penyakit berbahaya, misalnya kanker.

* Kandungan mineralnya seperti kalsium dan fosfor, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang tubuh dan gigi agar tetap sehat dan kuat. Mineral ini juga baik untuk menghindari problem osteoporosis atau tulang keropos.
* Sayur bayam juga mampu untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, misalnya asma, menurunkan kolesterol, menghindari badan lesu, dan juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala.

Itu adalah sederet manfaat sayur bayam yang mungkin Anda belum tahu. Sayur bayam sangat baik untuk dikonsumsi anak kecil karena kandungan gizinya yang tinggi. Biasakan memakan sayur bayam sejak dini, agar kesehatan selalu terjaga dan pertumbuhan badan pun bisa optimal.
 
 
Setelah membahas tentang manfaatbayam untuk menahan lapar selama berpuasa, berikut ini adalah hal perlu diperhatikan agar sayur bayam yang kita makan dapat benar-benar kita nikmati manfaatnya.

Manfaat sayur bayam:
Kandungan asam folat dan asam oksalat membuat bayam bisa dipakai untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah. Misalnya menurunkan kadar kolesterol, mencegah sakit gusi, mengobati eksim, asma, untuk perawatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut. Yang paling terkenal adalah mengobati rasa lesu dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah.
Lebih dari itu, serat yang cukup tinggilah yang sangat mempengaruhi kenapa bayam bagus untuk melancarkan pencernaan. Dengan demikian, penyakit seperti sembelit, jantung, stroke, dan persoalan mengenai tekanan darah dan pembuluh darah bisa diatasi. Selain itu daun bayam juga dapat digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal.
Sayur bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya pengelihatan akibat usia yang menua (macular degeneration), penyakit kanker,katarak dan bayi lahir cacat. Bayam adalah sumber lutein dan folate yang hebat, yang membantu mencegah penyakit jantung & bayi yang lahir cacat.
Kandungan folic acid yang ada di bayam juga mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang mengandung untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf.
Manfaat Bayam lainnya, mengurangi pembentukan batu empedu sebab bayam kaya magnesium di samping ikan, kacang almon kering, alpukat, pisang, kismis. Sayur bayam juga memberikan zat besi pencegah anemia namun zat besi di dalam bayam tidak mudah diserap.

Yang perlu diperhatikan:
Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), jikalau bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang bermanfaat untuk manusia adalah
ferro, lain halnya dengan ferri yang bersifat racun. Jadi jangan sekali-sekali untuk memanaskan sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakkan dalam bentuk makanan.
Alangkah baiknya juga, kita harus segera mengkonsumsi bayam sesaat setelah diolah, lebih baik hindari juga mengkonsumsi bayam yang sudah lebih dari 5 jam di atas meja makan, karena selain mengandung zat ferri yang tadi disebutkan di atas, bayam tersebut juga dapat mengandung zat nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara juga akan menjadi NO2 (nitrit) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun.
Dalam proses penyimpanan di lemari es pun harus diperhatikan, karena semakin lama bayam disimpan di dalam lemari es, senyawa nitrit pun akan terus meningkat kadarnya.
Efek racun pada nitrit menimbulkan reaksi dengan zat besi dalam sel darah merah tepatnya di hemoglobin. Ikatan nitrit dengan hemoglobin disebut Methemoglobin yang mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, makan akan terjadi Sianosis yang artinya keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen.
Dalam mengolah sayur bayam kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panci aluminium. Aluminium ini bisa menyebabkan racun karena bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam bayam.
Dan yang paling penting harus diperhatikan adalah mereka yang menderita asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Ini terjadi karena kandungan zat purin dalam bayam sangat tinggi. Purin inilah yang kemudian diubah menjadi asam urat dalam tubuh.
Nah, tunggu apalagi, ayo konsumsi sayur bayam sebagai menu sahur dan berbuka selama puasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...