Tautan Berita Detik.Net

Dommy asyar Headline Animator

Jumat, 02 November 2012

Manfaat Rumput Mutiara



RUMPUT MUTIARA

RumputMutiara dikenal dengan nama lain Hedyotis corimbosaadalah herbal yang sangat banyak disekitar kita. Rumput yang satu ini mempunyai khasiat yang sangat istimewa menurut pengalaman saya. Saya selalu gunakan untuk kasus kasus infeksi baik bacterial sampai pada kasus infeksi yang disebabkan oleh virus.
Tentunya dalam penggunaannya selalu dikombinasikan dengan herbal yang lainnya biar mempunyai efek saling menguatkan.
Apa itu rumput mutiara?
Uraian:

Rumput tumbuh rindang berserak, agak lemah, tinggi 15 – 50 cm, tumbuh subur pada tanah lembab di sisi jalan, pinggir selokan, mempunyai banyak percabangan. Batang bersegi, daun berhadapan bersilang, tangkal daun pendek/hampir duduk, panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Ujung daun mempunyal rambut yang pendek. Bunga ke luar dari ketiak daun, bentuknya seperti payung berwarna putih, berupa bunga majemuk 2-5, tangkai bunga (induk) keras seperti kawat, panjangnya 5 10 mm. Buah built, ujungnya pecah-pecah. Rumput ini mempunyai khasiat sama seperti Hedyotis diffusa Willd = Rumput Iidah ular = Baihua she she cao.
Nama Lokal:
Rumput siku-siku, bunga telor belungkas (Indonesia); Daun mutiara, rumput mutiara (Jakarta); Katepan, urek-urek polo (Jawa), Pengka (Makasar); Shui xian cao (China).
Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Rasa manis, sedikit pahit, lembut, netral, agak dingin. Menghilangkan panas, anti-radang, diuretik, menyembuhkan bisul (anti carbuncular), menghilangkan panas dan toxin, mengaktifkan circulasi darah. KANDUNGAN KIMIA: Baihua she-she cao mengandung: Hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, Beta-sitosterol, sitisterol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid glycosides, dan baihuasheshecaosu (kemungkinan analog coumarin).

Kombinasi yang sering saya lakukan adalah sbb:



  1. Kasus ISPA
    Bisa dikombinasikan dengan Senggugu, ceplukan dan daun saga. Tentunya ISPA yang dimaksud disini adalah ISPA dengan diagnose paru paru terserang angin panas, paru paru kering atau paru paru terkena pathogen lembab panas. Karena mempunyai sifat dingin maka untuk ISPA dengan tipe paru-paru dingin lembab dan ISPA dengan Qi paru lemah maka kurang bisa memberikan kesan pengobatan.
  2. Kasus infeksi saluran cerna
    Untuk Thypus bisa dikombinasikan dengan sambiloto, meniran dan Di long. Untuk disentri bisa dikombinasikan dengan Patikan Kebo, daun ungu dan spirulina.
  3. Kasus infeksi saluran kemih
    Pada kasus ISK bisa dikombinasikan dengan herbal lain yang mempunyai khasiat sebagai diuretic yaitu: meniran, tapak liman dan kumis kucing.
  4. Kasus infeksi genetalia
    Misalnya untuk kasus keputihan maka herbal ini bisa dikombinasikan dengan tapak liman dan daun sirih. Untuk keputihan karena lemahnya energi limpa bisa dikombinasikan dengan delima putih dan habbatussauda
  5. Kasus lainnya
    Misalnya leukemia akut maka bisa dikombinasikan dengan Ling zhi, sambiloto, tapak dara dan meniran.
    Untuk kasus prostat yang membesar bisa dikombinasikan dengan meniran, alang alang dan daun sendok.
Kegunaan rumput mutiara tidak cukup sampai disini tentunya akan lebih luas lagi terutama untuk kasus kasus infeksi yang ada di dalam tubuh manusia. Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...