Tautan Berita Detik.Net

Dommy asyar Headline Animator

Kamis, 01 November 2012

Manfaat bunga mawar

Bunga mawar, siapa yang tidak kenal dengan bunga ini. bunga mawar ini memiliki lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. bunga yang indah ini tidak hanya harum, tapi juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh..
mau tau khasiatnya ?


  1. Bunga mawar meiliki minyak asiri yang mengandung geraniol, limonene, zat sitrat, sitronelol, linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol, farnesol, dan nonilal-dehida berkhasiat sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan, menambah daya tahan tubuh, dapat mengobati gigitan serangga dan jerawat.
  2. Daun dan kelopak bunga mawar berkhasiat mendinginkan tubuh sehingga bermanfaat untuk menurunkan demam serta menghilangkan panas dan racun dari dalam tubuh.
  3. Dapat mengobati batuk, mengatasi bengkak pada bagian tubuh tertentu karena sirkulasi darah yang tidak lancar, dan masih banyak khasiat lain dari bunga mawar ini.
Itulah beberapa khasiat dari bunga mawar, semoga bermanfaat.. ^_^

SEBELAS MANFAAT BUNGA MAWAR

Tahukah kamu?.Bunga yang biasanya digunakan sebagai lambang cinta,bunga yang biasanya hanya dipakai sebagai hiasan ternyata memiliki banyak manfaat. Selain memiliki tampilan yang cantik bunga mawar ternyata juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut dimiliki dari zat-zat kimia yang terkandung di dalam bunga mawar,seperti tannin, geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene,flavonoid, pektin polyphenol, vanillin, karotenoid, stearopten, farnesol, eugenol, feniletilakohol, vitamin C,B,E,K. Beberapa manfaat dari bunga mawar antara lain :
1. Dapat digunakan sebagai aroma teraphy dan farfum.
2. Sebagai antikejang.
3. Sebagai pengatur haid.
4. Menyembuhkan infeksi.
5. Menyembuhkan sekresi empedu.
6. Menurunkan panas badan.
7. Menyuburkan rambut dan menambah warna rambut menjadi hitam.
8. Mengencangkan kulit wajah.
9. menghilangi bekas jerawat.
10. mengobati rematik.
Caranya : sediakan 15 gram bunga mawar kering,10 gram adas,10 gram kulit jeruk mandarin kering dan 10 gram jahe merah. Rebus bahan-bahan itu dalam 600 cc air,hingga tersisa 300 cc. Tunggu selagi hangat,lalu minumlah.
11. Berkhasiat unruk meredakan batuk. Ambil 1 genggam bunga mawar kering. Rebus dengan air dari 3 gelas jadi satu setengah gelas,dan tambahkan madu 1 sendok makan. Minumlah tiga kali sehari.
    Dari semua manfaat diatas,yang dijadikan manfaat adalah bunganya dan sebagian besar cukup hanya dengan merebus bunganya saja sehingga didapatkan sari bunga mawar yang siap diminum. Khusus untuk manfaat no.7 dan 8, hanya bunga mawar yang berwarna putih yang digunakan untuk diambil manfaatnya. Selamat mencoba.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...